Friday, January 13, 2006

Kiat-kiat Mengatasi Masalah Hidup

Adakah yang diantara kita yang tau kapan kita mati? bisa 10 tahun kedepan bisa 5 tahun lagi, bisa minggu ini, bisa juga hari ini, atau mungkin juga detik ini. Tidak ada seorangpun yang tau kapan kita akan mati, kecuali hanya Allah SWT. Lantas apa yang akan kita lakukan setelah mati? atau persiapan apa yang sudah kita lakukan dalam menghadapi mati? ha!! boro2 persiapan, menghadapi masalah hidup aja kadang kita terbiasa untuk mengeluh betul gak tuh?

Menurut Aa Rizal di pro2 FM dalam ceramahnya ada kiat2 khusus yang perlu kita coba:

1. Siap menghadapi kenyataan hidup baik itu yang kita harapkan maupun yang tidak kita harapkan. Dengan begitu kita tidak perlu merasa kecewa atas apa yg akan kita terima.

2. Ridho terhadap apapun yang Allah berikan buat kita.

3. Evaluasi pribadi kita. Kadang ketika kita menghadapi masalah selalu menyalahkan orang lain padahal belum tentu orang lain yang menjadi penyebabnya. Menurut beliau yang perlu diingat baik2 adalah bahwa setiap kejadian selalu terjadi atas izin Allah SWT.

4. Jangan mendramatisir keadaan. Intinya kalau kita punya masalah besar usahakan diperkecil, kalau ada masalah kecil buatlah menjadi tidak ada masalah. Begitu katanya, bisa gak ya? ok i'll try.

5. Yang terakhir cukuplah Allah sebagai penolong. Artinya jika kita benar2 merasa tidak mampu mengatasi masalah itu, kembalikanlah semua masalah kepada si pemiliknya yaitu Allah, krn semuanya berasal dari Allah SWT

Begitu point2nya mudah2an bisa membantu jika kita sedang menghadapi masalah hidup.
Amin.