Thursday, December 08, 2005

Ihwal Kebetulan....

Berbagai fenomena kebetulan yang tidak memiliki hubungan sebab akibat sering kita jumpai di alam ini. Peristiwa kebetulan juga dialami oleh 2 orang presiden Amerika yaitu Abraham Lincoln dan JF. Kennedy. Abraham Lincoln pertama menjadi presiden tahun 1860 dan digantikan oleh Johnson (Andre) yang lahir tahun 1808. Sedangkan JF Kennedy pertama menjadi presiden tahun 1960 dan digantikan oleh Johnson (Lindon) yang lahir tahun 1908. Presiden Abraham Lincoln dan JF Kennedy sama-sama mati terbunuh. Pembunuh Abraham lahir tahun 1839 dan pembunuh Kennedy lahir tahun 1939. Kedua pembunuh tersebut terbunuh sebelum sempat diadili.

Dalam kehidupan nabi Muhammad SAW berbagai kebetulan juga terjadi. Beliau lahir, hijrah, dan wafat pada hari Senin bulan Rabiul Awwal. Apakah semua ini merupakan kebetulan? atau ada penafsiran lain???

Kebetulan yang aku alami sendiri ketika mendekati akhir bulan duit cekak, dan kebetulan ada pembagian gaji karyawan dan akhirnya bisa kembali melanjutkan hidup (duh maksa deh???). Atau kebetulan aku ketemu Keanu Reeves, kebetulan dia tertarik ama aku, kebetulan dia jadi muallaf, kan aku tinggal bilang, "would u marry me?" (hahahaha tambah maksa????)

Akhir kata menurut Quraish Shihab bahwa disamping sunnatullah ada juga yang dinamakan inayatullah (Uluran tangan Illahi) yang tidak harus selalu sama dengan sunnahnya. Itulah anugerah Allah yang diberikan kepada siapa yang dikehendakiNya. Sesungguhnya Allah maha luas anugerahnya.