Wednesday, August 23, 2006

17 Agustusan Nyokk...

17 Agustusan Nyokk...

Merayakan hari kemerdekaan di Indonesia sangat identik dengan kemeriahan, lomba-lomba, bazar atau kadang diadakan panggung gembira dengan memanggil artis lokal (yang tentu saja membutuhkan dana yang tidak sedikit). Setiap warga dimintakan partisipasinya untuk mendukung dan memeriahkan acara tersebut. Bukan...bukan maksud saya utk tidak menyetujui kebiasaan yang sudah mengakar sampai ke pelosok. Tetapi mungkin alangkah lebih baik jika kita bisa melakukan hal yang lebih bermanfaat dari pada hanya sekedar hura-hura.

Bagaimana bisa lomba balap karung dikaitkan dengan perjuangan para pahlawan kita yang sudah berjuang sampai titik darah penghabisan? atau bagaimana bisa lomba memasukkan paku kedlm botol dikaitkan dengan perang melawan penjajah yang memakan waktu sampai lebih dari 350 tahun?

Apa karena filosofinya? ah kayaknya gak juga.. begitu selesai lomba..bagi beberapa pemenang bisa ambil hadiahnya. Bagi yang kalah tinggal manyun. Setelah itu bubar dan kembali kerumah masing-masing.

Mungkin dengan mengadakan kerja bakti atau kebersihan akan lebih bermanfaat. Paling tidak beberapa lomba seperti masak, lomba olah raga atau cerdas cermat bisa menelorkan bibit2 yang nantinya akan mengharumkan nama bangsa. Atau bisa juga dana yang terkumpul utk mensejahterakan anak yatim, panti asuhan, mengadakan kursus komputer gratis atau kursus bahasa inggris untuk anak-anak. Intinya kemerdekaan yang udah kita raih jangan disia-siakan hanya utk hura-hura. Masih banyak diluar sana yang membutuhkan bantuan kita. Apa salahnya kita berbagi demi kemajuan anak bangsa?

Sekali Merdeka Tetap Merdeka!!!!!!!!!!!!!!!!