Thursday, December 28, 2006

Masalah

...........MASALAH............

Orang hidup pasti punya masalah. Tanpa masalah tidak mungkin orang bisa hidup. Masalah selalu ada disekitar kita. Jika kita menyikapi masalah dengan baik dan bijaksana bukan tidak mungkin akan menempa kita untuk menjadi lebih "tahan banting". Satu hal penting sebagai bahan pembelajaran buat saya dalam menyikapi masalah adalah: Jika masalah datang...hadapi, pecahkan, selesaikan dan jalani. Jangan menghidari masalah apalagi lari dari masalah.

Pada umumnya yang membuat masalah itu menjadi besar adalah sikap kita dalam menghadapi masalah, bukan adanya masalah itu. Ada masalah kecil menjadi besar, ada masalah besar menjadi semakin besar atau bahkan kadang kita sendiri tidak mampu mengontrol dan menguasai masalah itu.

Ada banyak cara dalam menyikapi datangnya masalah, diantaranya:
  1. Bersyukur bahwa Allah masih memperhatikan kita, bahwa Allah masih sayang kita. Mudah-mudahan datangnya masalah dapat meningkatkan derajat keimanan dan ketaqwaan kita.
  2. Meyakini diri sepenuhnya bahwa datangnya masalah semata2 dari Allah. Hal ini berarti bahwa Allahlah yang mengatur semuanya
  3. Bersabar, pasti ada hikmah dibalik setiap kejadian
  4. Memperkecil ruang lingkup masalah. Artinya usahakan masalah besar menjadi kecil dan masalah kecil menjadi tidak ada masalah. Tidak perlu mendramatisir masalah yg ada.
  5. Lebih mendekatkan diri pada sang Khalik, sang pembuat masalah.
  6. Ikhlas menerima semua ketetapkan Allah
Mungkin masih banyak cara lainnya. Tapi paling tidak beberapa kiat diatas cukup membantu kita dalam menyikapi tiap masalah yg datang menghampiri. Selebihnya tetap Allahlah yang menetukan kita lulus atau tidak dalam menempuh ujianNya. Mudah2an kita termasuk dalam golongan orang2 yang mampu melalui ujian Allah dengan baik.