Thursday, March 01, 2007

Secara

S e c a r a......

Lagi-lagi saya menemukan istilah gaul "secara" yang gak match dalam penempatan kata. Haa... bukan mentang2 saya kerja di dept editorial, penerbitan seh tapi tetep aja istilah itu gak masuk buat dibentuk dalam sebuah kalimat.
"Secara tanggal 13 ultah radio....gak ada alasan dong lo gak dateng..."
"Secara harigini tanggal tua gw pinjem duit lo dong?"
dan masih banyak lagi.

Kalo dalam istilah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) istilah secara bisa berarti jalan, gaya, adat kebiasaan, bahasa, usaha, ikhtiar...dan lainnya. Penempatan katanyapun juga harus disesuaikan dengan definisi tersebut diatas.

Lucu aja berulang kali istilah "secara" dipakai untuk kalimat yg tidak pazz. Gaul gitu boo...saya juga gak mau dong ketinggalan biar gak dibilang kuper. Tapi kenyataannya tiap kali pengin buat sebuah kalimat dg menyisipkan "secara" kok susah betul ya kayaknya nyari kata yg pas??.

Jadi secara logika kira2 berapa lama ya istilah ini masih dipake dalam pergaulan? hmm...Saya jadi inget tuh ada istilah gaul yang masih dipake mpe sekarang, "Keciannn deh lo..." nah kalo yg ini kayaknya lebih mudah deh penggunaannya. Gak perlu pake mikir, ya gak?