Friday, January 05, 2007

Work Under Pressure

Work Under Pressure

Kadang bekerja dibawah tekanan sangat tidak menyenangkan apalagi jika diberikan tenggat waktu yg sangat sempit. Belum lagi jika kondisi ruang kerja atau lingkungan kerja yang tidak kondusif. Tambah lagi kerjaan yang seabreg2. Halahhh... bikin pala cenut2 mau pecah rasanya. Biasa semakin ditekan akan semakin butek pikiran, bahkan sering kali kita tidak mampu melakukan apapun.

Sebenarnya setiap orang punya cara dan trik sendiri menurut kebiasaan yang bisa dilakukan agar mampu bekerja dibawah tekanan. Ada beberapa cara yang biasa saya pakai untuk mengantisipasi kondisi yang super under pressure. Kadang bermanfaat, kadang gak ada pengaruhnya buat saya, diantaranya:
  1. Nikmati pekerjaan yg sedang dihadapi. Walau terasa membosankan, menyebalkan dan tidak menantang, tetapi cobalah untuk tetap selalu menikmati dan mensyukuri, karena diluar sana masih banyak pengangguran yang membutuhkan pekerjaan.
  2. Ciptakan kondisi senyaman mungkin dalam bekerja. Misalnya mendengarkan lagu2, keluar ruangan sebentar untuk mencari suasana yang lebih segar atau ngobrol2 sejenak dg teman2 juga kadang membantu kita . Jika perlu pukul teman2 yang sedang asyik bekerja, agar ikut merasakan penderitaan kita. Tentu tidak selalu membantu, tapi paling tidak merubah suasana tegang menjadi lebih rileks.
  3. Berusahalah untuk selalu tersenyum dimanapun, kapanpun dan dalam kondisi apapun. Karena senyuman dapat mengurangi beban mental yang tentunya mempengaruhi beban pekerjaan.
  4. Disaat tubuh sedang tidak bekerja (istirahat), usahakan tidak memikirkan beban pekerjaan yg ada. Kalau perlu jangan pernah mengingatnya, gak bisa???? itu derita loe....wekekek
  5. Jangan pernah bermusuhan dengan siapapun....kenapa???? karena itu tidak baik (apa hubungannya dg pekerjaan??) ya gak ada.
  6. Jika boss menuntut pekerjaan yg super buanyakkkkss dan dalam waktu singkatss, bolehlah sesekali menggertak atasan, "Maaf anda terhubung dengan tembok!!" atau bisa juga bilang, "memang saya ini perempuan apa? pikir dong pake otak kalo kasih pekerjaan!! lo kate kite kerja rodi??". Diharapkan siboss akan introspeksi diri sehingga tidak menekan bawahan
  7. Hubungi kantor pemadam kebakaran terdekat jika situasi kerjaan semakin tidak terkendali. Hal ini dimaksudkan supaya tercipta kepanikan sehingga suasana yg monoton dapat berubah menjadi lebih kondusif.
Masih banyak cara yg bisa dilakukan. Mudah2an beberapa trik diatas dapat mengurangi tingkat stress akibat bekerja dibawah tekanan.