Saturday, January 27, 2007

Rizki

Rizki

Berasa gak sih semakin naik penghasilan akan semakin besar pengeluaran. Begitu juga sebaliknya semakin kecil penghasilan akan semakin kecil pula pengeluaran?? Kalo kata saya manusiawi banget manusia dikondisikan seperti itu. Tidak pernah puas dan selalu merasa kurang.

"Penghasilanku kecil Feb, aku masih ngerasa belum mapan utk marid. Pikirku mana cukup buat menghidupi anak dan istriku?", teman saya berkomentar. Sering dan tidak hanya sekali atau dua kali saya dengar komentar seperti itu. Gak ada indikator yang jelas tentang tingkat kemapanan seseorang. Semua semu dan semua tergantung masing2 personalnya. Ada yang merasa belum mapan dengan rumah dan mobil yang dimiliki, atau ada juga yang merasa mampu hidup dg gaji yang terbilang kecil.

Oya saya sempat ngobrol2 di bank sambil menunggu antrian dengan salah seorang karyawan swasta kemarin. Gak tau mulai dari mana awal pembicaraan tapi saya dapatkan informasi berharga darinya bahwa dia mampu hidup dengan gaji kurang dari Rp500ribu dan mampu menghidupi 2 putrinya yang masih kecil2. Kebetulan kedua putrinya diajak ayahnya. Saya lihat mereka endut2 dan kelihatan lincah dan sehat. Saya tanya ke bapak itu, "bagaimana caranya mengelola keuangan yang terbatas?". Sambil tersenyum si bapa berujar,"Mba, rizki yang kita punya datangnya dari Allah, dan setiap manusia sudah diatur rezekinya oleh Allah. Itu berarti saya gak akan khawatir akan kekurangan makan dengan gaji yg hanya sekelebatan". Kelihatannya memang gak masuk akal, tapi kenyataannya? ruarrr biasa....

Jadi dapatlah disimpulkan bahwa manusia tidak pernah puas (selalu mengeluh) padahal sebenarnya Allah sudah mengatur rizki setiap umatnya. Ar-Rohman untuk setiap umat manusia di bumi dan Ar-Rohim hanya untuk yang beriman. Dalam QS Al-Ankabut (29) ayat 60: dan berapa banyak makhluk bergerak yang bernyawa yang tidak dapat mengurus rezkinya sendiri. Allahlah yang memberi rizki kepadamu. Bahkan Allah masih menambahkan rizki itu buat yang menikah, tertera dalam QS An-Nur 24 ayat 32 : dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang diantara kamu. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karuniaNya.

Btw: nah Febry sendiri napa belum nikah?? hehe siapa yang mau?? married nyook........