Monday, September 18, 2006

Mengeluh dan mengeluh

Mengeluh dan mengeluh


Mengeluh...dan mengeluh.....dan mengeluh....dan mengeluh.... dan mengeluhhh... Bukan saya, kamu atau yang lain, pasti kita semua pernah melakukan itu. Bahkan dalam Alquran pun disebutkan bahwa : "Sungguh, manusia diciptakan bersifat suka mengeluh, apabila dia ditimpa kesusahan dia berkeluh kesah, dan apabila dia mendapat kebaikan (harta) dia jadi kikir" QS Alm-Ma'arij 19-21.

Kadang kerjaan yang terlalu banyak membuat kita mengeluh, tidak ada kerjaan juga mengeluh, tidak cocok dengan lingkungan kerja mengeluh, konflik dengan orang lain di lingkungan kerja mengeluh, macet mengeluh, sakit mengeluh, selalu mengeluh, mengeluh dan mengeluh terus..... Jika diamati seakan-akan kita tidak mensyukuri nikmat Allah. Padahal berapa banyak nikmat yang telah Allah kasih buat kita? justru harusnya kita byk bersyukur Allah kasih buat saya nikmat iman, kesehatan, kedua orang tua yang begitu menyayangi dll. Diluar sana masih banyak orang-orang kesusahan, bahkan kemarin saya dengar seorang buruh panggul di Tanjung Priuk mati kelaparan. Sekali lagi saya katakan bukan kamu, dia atau yang lain bahkan saya sendiri sering melakukan itu. Saat pertama kali ditegurpun saya gak terima, bawaannya berontak aja! siapa kamu? apa urusanmu? thats me! selalu mengawali dg kekurangan diri. Astaghfirullah hal aziimi.

Tapi setelah dipikir-pikir ternyata saya tersadar betapa banyak ruginya orang mengeluh. Cape lahir, cape batin, tidak merasakan kenikmatan Allah yang lain, tidak bisa menikmati hidup yang hanya sekali, membuat kita tidak bersyukur dll. Disamping itu dengan mengeluhpun segala masalah yang sedang kita hadapi tetap tidak akan ditemukan solusinya. Jadi ada baiknya saat kita sedang menghadapi satu masalah banyak2lah berzikir, banyak2lah mengingat Allah SWT. Bisa jadi masalah itu adalah ujian dari Allah utk meningkatkan derajat keimanan kita, bisa jadi saat kita sabar menghadapi satu masalah akan melebur dosa2 kita yg telah lalu.

Sedikit demi sedikit saya berusaha untuk mengurangi sifat itu. Mudah2an dilain waktu saya bisa lebih baik lagi dari hari ini. Pada prinsipnya hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, esok harus lebih baik dari hari ini, lusa harus lebih baik dari esok, dst dll dsb. Jujur, saya butuh banyak masukan dan kritikan dari teman2. Kalau ada yang keberatan dengan sikap saya tabiat saya atau semua kekurangan saya tegur aja, silahkan komplain atau layangkan sms: jenis keluhan spasi nama kirim ke 08128xxxxxx loh kok kayak..hehehe